Tuesday, 12 June 2018

Sentuhan Cinta Ibu

"Ma... kaki dedek pegel"

Biasanya kalau Xiao Dre sudah ngomong begini artinya dia minta dipijat lembut menjelang tidur malam. Dre memang senang sekali beraktifitas di luar ruangan, walau hanya sekadar mengunjungi rumah seorang Oma bernama Ai Chen. Dre akan berlari-lari kecil menuju rumah sang Oma. Setelah dipijat, Dre akan tidur malam dengan nyenyak, ajaib deh!

Nah, siapakah dia antara ibu/mama/mommy/bunda sekalian yang juga memijat bayi sejak lahir? Kalau aku sejak memiliki anak pertama sampai kedua selalu melakukan pijat untuk bayi sendiri belajar dari buku.

Minggu lalu, aku menghadiri acara "Manfaat Pijat Bayi bagi Perkembangan Si Kecil"  bersama Johnson's Sentuhan Cinta dan The Urban Mama yang bertempat di Gudang Gudang Yoga Studio, Jl. Kemang Timur No. 88.

Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Indonesia akan mengalami bonus demografi selama periode 2020-2030. Bonus demografi artinya jumlah penduduk yang produktif (sekitar 70%) lebih banyak dibandingkan penduduk yang non produktif. Hal ini disebabkan karena keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) yang dilakukan oleh pemerintah.

Ini juga artinya bayi Indonesia memiliki kesempatan untuk tumbuh dan meraih impian mereka di masa depan dan memberikan kontribusinya pada pembangunan negara. Kesempatan tumbuh dari bayi Indonesia juga merupakan tanggung jawab kita sebagai orangtua untuk menjaga kesejahteraan bayi.

Menurut dr. Matahari Harumdini, SpA, "Masa bayi baru lahir (neonatus) terutama di awal masa kehidupannya (28 hari) rawan terjadi gangguan dan infeksi karena kulit, kekebalan tubuh dan pencernaan belum berkembang secara sempurna." 

Tumbuh kembang bayi dipengaruhi oleh hal-hal yang diberikan saat kehidupan awal dimulai dari janin sampai balita, yang biasa kita kenal dengan 1000 hari pertama kehidupan. Tumbuh artinya bertambah  secara fisik sedangkan kembang artinya bertambahnya kemampuan fungsi otak.

Bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari maka perlu distimulasi dengan baik serta dipenuhi kebutuhannya berupa Asih (fisik, mental/emosional dan spiritual), Asah (stimulasi perkembangan otak), serta Asuh (kasih sayang) dan dilakukan terus menerus.

Stimulasi panca indera melibatkan multi sensori seperti penglihatan (mata), penciuman (hidung), perabaan (kulit), pendengaran (telinga), pengecap (lidah) dan keseimbangan.

MANFAAT STIMULASI PANCA INDERA
  1. BONDING. Stimulasi panca indera yang terjadi sejak dari dalam kandungan, memperkuat ikatan antara ibu dan bayinya.Setelah dilahirkan, bonding dapat dilanjutkan dengan memijat bayi oleh ibunya sendiri bukan terapis pijat.
  2. PERKEMBANGAN FISIK. Stimulasi panca indera membantu perkembangan fisik bayi menjadi lebih optimal sehingga dapat bertumbuh dengan baik.
WAKTU TERBAIK MELAKUKAN STIMULASI PANCA INDERA
Waktu terbaik melakukan stimulasi panca indera adalah saat melakukan kegiatan rutin sehari-hari seperti saat mandi.

Aku ingat sekali kalau mau memandikan duo D selalu mengajak mereka ngobrol, walaupun mungkin mereka mungkin belum mengerti apa yang aku bicarakan. Mulai dari meminta izin melepas pakaian mereka, memakaikan sabun ke tubuh mereka sampai membilas. Sering juga aku lakukan sambil bernyanyi dan kami pun berpandangan, surga!

Selesai mandi, ritual pun berlanjut... aku biasanya memijat duo D dengan menggunakan baby lotion. Ternyata ritual ini juga salah satu waktu terbaik untuk melakukan stimulasi panca indera.

Dengan pijatan penuh sentuhan cinta dari seorang ibu kepada bayinya, banyak manfaat yang bisa didapatkan diantaranya manfaat fisik serta emosional.

MANFAAT MEMIJAT BAYI

FISIK
EMOSIONAL
Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
Membuat ikatan/bonding dengan ibu atau orangtua
Membantu melancarkan sistem peredaran darah
Lebih mudah bersosialisasi (ramah, tersenyum dan kontak mata)
Membantu melancarkan sistem sirkulasi pernapasan
Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
Membantu meningkatkan berat badan
Menurunkan produksi hormon stressor sehingga bayi riang
Membantu meningkatkan imunitas tubuh
Mengurangi rewel
Meningkatkan kualitas tidur agar lebih lelap dan lama yang membantu perkembangan memori
Membantu bayi melatih relaksasi

Melihat pentingnya menstimulasi bayi yang mencakup rangsangan multi sensori melalui pijatan, Johnson's memiliki inisiatif terbaru yaitu "Sentuhan Cinta". Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka.

Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesejahatan dan perkembangan bayi.

Bekerja sama dengan Save the Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Johnson's memberikan edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program "Kesehatan Ibu dan Anak". Program Johnson's Sentuhan Cinta akan memulai perjalanan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara.

Kita pun dapat berkontribusi dalam mensukseskan program Sentuhan Cinta melalui transaksi pembelian di Alfamart dan Tokopedia. Setiap pembelian semua jenis produk Johnson's Baby minimum Rp25.000 di Alfamart atau Johnson's Baby Care Collection di Tokopedia, para ibu secara otomatis menyumbangkan Rp500 untuk Save the Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.

Mari dukung dan sukseskan inisiatif Johnson's Sentuhan Cinta!

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di: