Tuesday 12 June 2018

Sentuhan Cinta Ibu

"Ma... kaki dedek pegel"

Biasanya kalau Xiao Dre sudah ngomong begini artinya dia minta dipijat lembut menjelang tidur malam. Dre memang senang sekali beraktifitas di luar ruangan, walau hanya sekadar mengunjungi rumah seorang Oma bernama Ai Chen. Dre akan berlari-lari kecil menuju rumah sang Oma. Setelah dipijat, Dre akan tidur malam dengan nyenyak, ajaib deh!

Nah, siapakah dia antara ibu/mama/mommy/bunda sekalian yang juga memijat bayi sejak lahir? Kalau aku sejak memiliki anak pertama sampai kedua selalu melakukan pijat untuk bayi sendiri belajar dari buku.


Minggu lalu, aku menghadiri acara "Manfaat Pijat Bayi bagi Perkembangan Si Kecil"  bersama Johnson's Sentuhan Cinta dan The Urban Mama yang bertempat di Gudang Gudang Yoga Studio, Jl. Kemang Timur No. 88.

Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Indonesia akan mengalami bonus demografi selama periode 2020-2030. Bonus demografi artinya jumlah penduduk yang produktif (sekitar 70%) lebih banyak dibandingkan penduduk yang non produktif. Hal ini disebabkan karena keberhasilan program Keluarga Berencana (KB) yang dilakukan oleh pemerintah.

Ini juga artinya bayi Indonesia memiliki kesempatan untuk tumbuh dan meraih impian mereka di masa depan dan memberikan kontribusinya pada pembangunan negara. Kesempatan tumbuh dari bayi Indonesia juga merupakan tanggung jawab kita sebagai orangtua untuk menjaga kesejahteraan bayi.

Menurut dr. Matahari Harumdini, SpA, "Masa bayi baru lahir (neonatus) terutama di awal masa kehidupannya (28 hari) rawan terjadi gangguan dan infeksi karena kulit, kekebalan tubuh dan pencernaan belum berkembang secara sempurna." 

Tumbuh kembang bayi dipengaruhi oleh hal-hal yang diberikan saat kehidupan awal dimulai dari janin sampai balita, yang biasa kita kenal dengan 1000 hari pertama kehidupan. Tumbuh artinya bertambah  secara fisik sedangkan kembang artinya bertambahnya kemampuan fungsi otak.

Bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari maka perlu distimulasi dengan baik serta dipenuhi kebutuhannya berupa Asih (fisik, mental/emosional dan spiritual), Asah (stimulasi perkembangan otak), serta Asuh (kasih sayang) dan dilakukan terus menerus.

Stimulasi panca indera melibatkan multi sensori seperti penglihatan (mata), penciuman (hidung), perabaan (kulit), pendengaran (telinga), pengecap (lidah) dan keseimbangan.

MANFAAT STIMULASI PANCA INDERA
  1. BONDING. Stimulasi panca indera yang terjadi sejak dari dalam kandungan, memperkuat ikatan antara ibu dan bayinya.Setelah dilahirkan, bonding dapat dilanjutkan dengan memijat bayi oleh ibunya sendiri bukan terapis pijat.
  2. PERKEMBANGAN FISIK. Stimulasi panca indera membantu perkembangan fisik bayi menjadi lebih optimal sehingga dapat bertumbuh dengan baik.
WAKTU TERBAIK MELAKUKAN STIMULASI PANCA INDERA
Waktu terbaik melakukan stimulasi panca indera adalah saat melakukan kegiatan rutin sehari-hari seperti saat mandi.

Aku ingat sekali kalau mau memandikan duo D selalu mengajak mereka ngobrol, walaupun mungkin mereka mungkin belum mengerti apa yang aku bicarakan. Mulai dari meminta izin melepas pakaian mereka, memakaikan sabun ke tubuh mereka sampai membilas. Sering juga aku lakukan sambil bernyanyi dan kami pun berpandangan, surga!

Selesai mandi, ritual pun berlanjut... aku biasanya memijat duo D dengan menggunakan baby lotion. Ternyata ritual ini juga salah satu waktu terbaik untuk melakukan stimulasi panca indera.

Dengan pijatan penuh sentuhan cinta dari seorang ibu kepada bayinya, banyak manfaat yang bisa didapatkan diantaranya manfaat fisik serta emosional.

MANFAAT MEMIJAT BAYI

FISIK
EMOSIONAL
Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan
Membuat ikatan/bonding dengan ibu atau orangtua
Membantu melancarkan sistem peredaran darah
Lebih mudah bersosialisasi (ramah, tersenyum dan kontak mata)
Membantu melancarkan sistem sirkulasi pernapasan
Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
Membantu meningkatkan berat badan
Menurunkan produksi hormon stressor sehingga bayi riang
Membantu meningkatkan imunitas tubuh
Mengurangi rewel
Meningkatkan kualitas tidur agar lebih lelap dan lama yang membantu perkembangan memori
Membantu bayi melatih relaksasi

Melihat pentingnya menstimulasi bayi yang mencakup rangsangan multi sensori melalui pijatan, Johnson's memiliki inisiatif terbaru yaitu "Sentuhan Cinta". Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka.

Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesejahatan dan perkembangan bayi.

Bekerja sama dengan Save the Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Johnson's memberikan edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program "Kesehatan Ibu dan Anak". Program Johnson's Sentuhan Cinta akan memulai perjalanan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara.

Kita pun dapat berkontribusi dalam mensukseskan program Sentuhan Cinta melalui transaksi pembelian di Alfamart dan Tokopedia. Setiap pembelian semua jenis produk Johnson's Baby minimum Rp25.000 di Alfamart atau Johnson's Baby Care Collection di Tokopedia, para ibu secara otomatis menyumbangkan Rp500 untuk Save the Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.

Mari dukung dan sukseskan inisiatif Johnson's Sentuhan Cinta!

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di:

31 comments:

S. Fauzia said...

Dulu aku sering pijet ringan anakku pas bayi, anak jadi lebih nyenyak. Oh ya sama nih aku suka banget sama produk Johnsons, wanginya enak dan lembut.

S. Fauzia said...

Dulu aku sering pijet ringan anakku pas bayi, anak jadi lebih nyenyak. Oh ya sama nih aku suka banget sama produk Johnsons, wanginya enak dan lembut.

Andiyani Achmad said...

Aku aku aku... Hehehe, sering banget pijit anak sendiri dari bayi sampe sekarang. sempet belajar caranya mijit dari buku dan DVD (2010 masih pake DVD 😅) sampe sekarang alhamdulillah lancar mijitnya. Krn kalo pijit di baby spa mayan uga kan, pricey gitu

Emma Malika said...

Ketika anakku masih bayi selalu dipijat oleh tukang pijat anak, pakai baby oilnya dari johnsons bawa sendiri, setelah itu bobok nyenyak deh.

Maya Rumi said...

aq masih pakai produk johnsons ini buat anakku yang sudah 4 tahun, bulan ini belaja produknya di alfa mart aja deh biar ikutan menyumbang save the children, tfs mbak honey

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Produk dari Johnsons memang bagus bange ya, anakku dirumah juga pakai nih dan gampang buat dapetin produknya. Dan si anakku juga masih selalu aku pijat sebelum tidur, dan wanginya lembut banget

Rere @atemalem said...

Aku lama banget pake produk ini buat anak. Suka wanginya, ga berlebihan. :D

nursaidr said...

Programnya advokasinya wajib di dukung nih. Yuk ah beli produk johnson baby nya di alfamart.

tuty saca said...

Bermanfaat banget sharing ilmunya mbak. Anyway merk ini yg dulu mamaku pakai mulai dari diriku sampe adik2ku, terpercaya memang

Catcilku said...

Kalau masih bayi, saya takut mijit sendiri. Takut malah jadi salah urat atau syarafnya 😅

CIci Desri said...

ya ampun, aku seneng banget deh kalo ada info soal anak, makasi loh mba udah berbagi ilmunya.. memang ya manfaat pijat untuk anak itu banyak banget..

idfipancani said...

nice article .. nanti kalo udah punya dedek bayi, inshaallah akan bantu bojo buat pijit dedek bayi biar chemistry-nya gak cuma sama emaknya doang hehhe

Miranti said...

Udah lama ga denger asah, asih, asuh. Jadi self reminder untuk 3 kebutuhan dasar tersebut, terutama saat menstimulasi panca indera si anak.

ANDRI said...

Artikel ini bisa jadi referensi buat daku kalau punya anak nih.

Salam hangat orang udik
http://www.kompasiana.com/rakyatjelata

Mporatne said...

Berbagi dengan cara yang mudah yang bisa membuat anak anak yang seusia kita jadi mempunyai kesempatan untuk menyehatkan anak nya.

Unknown said...

Ngomong2 soal bernyanyi, bokap tuh sering bgt ngajak nyanyi anaknya kakak, ternyata skrg si anak kakak jd ikutan suka nyanyi hehe.

Marga Apsari said...

Waktu kecil juga suka dibeliin produk Johnson baby nih

Wian Hermawan said...

Waktu anak-anak bayi aku sempat diajarin di RS tempat anak-anak lahir, setelah itu cuma aku praktekan beberapa kali dan sisanya aku bawa ke baby spa :D

Sadewi Handayani said...

Banyak banget manfaatnya memijat bayi, bagus dan bermanfaat banget tulisan nya kakak

Uchy Sudhanto said...

emang waktu memijat bayi itu seru.. bisa bikin ketawa2 bareng anak dan gemes pengen cium terus hihihi

Gita Siwi said...

One moment in time yang mahal nih yang aku rasain pas dulu pijit2 baby ku juga. Pun bukan sembarang pijit ya harus tahu tekniknya demi keamanan & kenyamanan baby. Ini produk yang udah nempel banget ya dalam hal urusan baby care

Anisa Deasty Malela said...

Sentuhan cinta Ibu selalu menjadi pengalaman yang pertama bagi buah hati ya :) ternyata pijat bayi itu mudah setelah kita tahu teknik dan caranya ya mba.

urmila utami karmani said...

waaaahh.. mantep nih kak, nanti ku praktekin klo dah punya anak

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) said...

Pijat untuk bayi penting banget ya, soalnya aku sering pijat bayi juga saat anak masih kecil

Maria Soraya said...

waktu anakku bayi, aku rutin pijat setelah anakku mandi, pakai lotion ato minyak telon, pijat itu bermanfaat banget buat anak kayak klo anakku abis dipijat itu bikin lebih anteng dan happy mood

Zata said...

mijet anak itu bagus banget buat bonding ya Hon, gw juga gitu, teratur mijit anak2 sejak mereka kecil. tp saat udah seabang dan kaka sih udah nggak lagi hihihi..

Vita Pusvitasari said...

Memijat anak meningkatkan bonding antara ibu dan anak ya mbak, apalagi dengan produk jonhshon yang sudah teruji secara klinis aman biat bayi....

Sapa Dunia said...

Mama adalah orang pertama yang turun tangan, saat buah hati sedang tidak nyaman

Novitania said...

Emang jadi ibu tuh harus peka ya kak. Baby dan batita juga mereka udh ngerasa kalo badannya ga enak. Dan butuh pijatan ibunya hehe

FaniaSurya said...

Asyik dapat ilmu pijat buat bayi nih. Nanti kalau aku punya anak mau coba pijat sendiri aja.

Narsih Asih said...

kalau pijatan untuk bayi sih keluarga saya sudah melakukan itu. tapi, saya belum berani melakukan sendiri. harus pake jasa tukang urut