Sunday, 24 February 2019

Bekal Sehat Untuk Yang Tersayang


Para ibu pasti pernah sekali dalam seumur hidupnya mengalami anak yang susah makan. Biasanya, anak susah makan dikarenakan sakit, tapi ada juga lho merasa bosan dengan sajian makanan yang itu-itu aja. Selain menunya, hal yang membuat anak menjadi nafsu makan adalah penyajian makanan yang menarik. Aku juga harus pintar-pintar nih mengkreasikan bekal anak-anak agar mereka semangat menghabiskannya.

Pas banget, Sabtu 23 Februari 2019 aku diundang komunitas bloggercrony bersama dengan endues tv belajar membuat Bekal Sehat Untuk Yang Tersayang dengan bentuk bento yang lucu-lucu!


Menurut Wikipedia, Bento atau o-bento adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa dan dimakan sebagai makan siang, makan malam dan bekal piknik.

Membuat bento bersama anak asyik dan menyenangkan karena anak juga belajar menjadi kreatif, fokus dan mengenal beragam makanan bergizi.

Bertempat di Star Dimsum, Mitra Terrace, Jakarta, aku dan teman-teman dari komunitas bloggercrony belajar secara langsung membuat bento dengan Alfani, ibu dua orang puteri yang suka traveling. Dengan sabar Fani, panggilan akrabnya menjelaskan tips membuat bento yang mudah tapi sehat.

Terkadang aku sering merasa membuat bento itu sulit karena terintimidasi melihat gambar bento yang lucu sekali. Tapi ternyata setelah dicoba langsung, aku juga bisa membuatnya!


Beberapa tips membuat bento:

  • Tidak perlu merasa ragu untuk membuat bento karena tidak ada prinsip benar atau salah. Tujuan ibu membuat bento adalah karena cinta kasih dan sayang terhadap anak agar mereka mau makan makanan sehat terutama sayur-sayuran.

  • Ide membuat bento bisa dicontek dari internet, jadi enggak ada alasan “aku enggak kreatif”

  • Gunakan bahan-bahan makanan dari dalam kulkas yang biasa dipakai sehari-hari untuk memasak. Kalaupun ada tambahan seperti nori (rumput laut), itu mudah didapatkan di supermarket. Pakai bahan-bahan yang kering, jangan yang mudah mengeluarkan air seperti mentimun atau semangka sehingga bento bisa tahan 2-3 jam kedepan.

  • Sesuaikan bento dengan porsi makan anak dan pastikan bento habis dalam satu kali makan.

  • Peralatan bento juga bisa menggunakan alat yang ada di rumah. Sebagai pemanis, ibu bisa menggunakan kertas yang ditempel seperti bendera dengan menggunakan tusuk gigi serta menulis pesan cinta dan sayang buat anak-anak.

Nah, inilah hasil kreasi bento aku dan @uniiyanisd:


Gimana? Lumayan kan buat first timer

Selamat mencoba di rumah ya!

Sunday, 27 January 2019

Hitung Sinergi Kehebatan Anak dengan Kalkulator AFS


Setiap orangtua pasti mendambakan anaknya bertumbuh dan berkembang dengan baik, tidak terkecuali aku. Pertumbuhan anak tidak hanya diukur secara fisik tapi juga perkembangan otaknya. Satu hal lagi yang menjadi perhatian orangtua adalah kecerdasan anak. Orangtua mana sih yang enggak bangga punya anak yang cerdas? 

Kecerdasan anak dapat diukur dari berbagai hal. Anak yang memiliki daya ingat tinggi hingga bisa menghafal berbagai macam hal seperti bahasa, angka, rumus dan lainnya juga bisa dikategorikan sebagai orang cerdas. Agar anak cerdas, perlu adanya stimulasi berupa Akal, Fisik dan Sosial. Sinergi kehebatan anak yang meliputi Akal, Fisik dan Sosial dapat dikembangkan secara optimal dalam periode emas si kecil dengan memberikannya asupan nutrisi yang tepat serta stimulasi yang sesuai dengan tingkat sinergi kehebatannya. 

Periode emas mulai dari usia anak 0-5 tahun, masa di mana otak si kecil tumbuh dengan pesat sesuai dengan stimulasi yang diterimanya. Orangtua harus benar-benar memberikan stimulasi Akal, Fisik dan Sosial terbaik bagi anak pada umur 0-5 tahun karena periode emas ini hanya terjadi satu kali dalam kehidupannya.

Aku juga jadi penasaran dong, apakah sudah memberikan stimulasi terbaik yang meliputi Akal, Fisik dan Sosial kepada Xiao Dre. Pucuk dicinta ulam tiba, saat mencari tentang hal ini, aku menemukan situs Parenting Club yang beralamat di https://www.parentingclub.co.id/

Di situs Parenting Club, ada alat yang dinamakan Kalkulator Akal Fisik Sosial (Kalkulator AFS). Kalkulator ini dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. Ahmad Suryawan, dr., SPA(K). Beliau adalah seorang dokter spesialis anak – konsultan tumbuh kembang pediatrik sosial.

Aku pun mencoba Kalkulator AFS dengan langkah-langkah yang mudah seperti berikut ini:

Pertama, Mam dan Pap bisa mendaftar di https://www.parentingclub.co.id/register


Setelah berhasil memverifikasi akun Mam dan Pap, akan ada notifikasi kalau akun telah berhasil dibuat.
 

Kemudian, Mam dan Pap bisa mencoba Kalkulator AFS dengan mengaksesnya di tautan ini https://www.parentingclub.co.id/kalkulator-afs 


Mam dan Pap selanjutnya dapat mengisi pertanyaan yang diberikan:

Kalkulator ini sangat membantuku mengetahui perkembangan Akal Fisik dan Sosial Xiao Dre dan hasilnya baik.

Tapi aku tidak boleh terlena, walaupun saat ini hasilnya sudah baik, aku akan tetap memberikan stimulasi sesuai rekomendasi yang diberikan oleh Parenting Club.




Menyenangkan sekali bisa mendapatkan informasi tentang pemberian stimulasi kepada anak melalui Kalkulator AFS. Dan ketika aku mencoba stimulasi yang direkomendasikan kepada Xiao Dre, ada banyak hal yang dapat diterapkan agar tumbuh kembangnya semakin maksimal!

Yuk Mam dan Pap, mulai hitung tingkat sinergi si kecil dengan bergabung di Parenting Club dan ingat untuk mencoba Kalkulator AFS ya!