Sunday, 24 February 2019

Bekal Sehat Untuk Yang Tersayang


Para ibu pasti pernah sekali dalam seumur hidupnya mengalami anak yang susah makan. Biasanya, anak susah makan dikarenakan sakit, tapi ada juga lho merasa bosan dengan sajian makanan yang itu-itu aja. Selain menunya, hal yang membuat anak menjadi nafsu makan adalah penyajian makanan yang menarik. Aku juga harus pintar-pintar nih mengkreasikan bekal anak-anak agar mereka semangat menghabiskannya.

Pas banget, Sabtu 23 Februari 2019 aku diundang komunitas bloggercrony bersama dengan endues tv belajar membuat Bekal Sehat Untuk Yang Tersayang dengan bentuk bento yang lucu-lucu!


Menurut Wikipedia, Bento atau o-bento adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa dan dimakan sebagai makan siang, makan malam dan bekal piknik.

Membuat bento bersama anak asyik dan menyenangkan karena anak juga belajar menjadi kreatif, fokus dan mengenal beragam makanan bergizi.

Bertempat di Star Dimsum, Mitra Terrace, Jakarta, aku dan teman-teman dari komunitas bloggercrony belajar secara langsung membuat bento dengan Alfani, ibu dua orang puteri yang suka traveling. Dengan sabar Fani, panggilan akrabnya menjelaskan tips membuat bento yang mudah tapi sehat.

Terkadang aku sering merasa membuat bento itu sulit karena terintimidasi melihat gambar bento yang lucu sekali. Tapi ternyata setelah dicoba langsung, aku juga bisa membuatnya!


Beberapa tips membuat bento:

  • Tidak perlu merasa ragu untuk membuat bento karena tidak ada prinsip benar atau salah. Tujuan ibu membuat bento adalah karena cinta kasih dan sayang terhadap anak agar mereka mau makan makanan sehat terutama sayur-sayuran.

  • Ide membuat bento bisa dicontek dari internet, jadi enggak ada alasan “aku enggak kreatif”

  • Gunakan bahan-bahan makanan dari dalam kulkas yang biasa dipakai sehari-hari untuk memasak. Kalaupun ada tambahan seperti nori (rumput laut), itu mudah didapatkan di supermarket. Pakai bahan-bahan yang kering, jangan yang mudah mengeluarkan air seperti mentimun atau semangka sehingga bento bisa tahan 2-3 jam kedepan.

  • Sesuaikan bento dengan porsi makan anak dan pastikan bento habis dalam satu kali makan.

  • Peralatan bento juga bisa menggunakan alat yang ada di rumah. Sebagai pemanis, ibu bisa menggunakan kertas yang ditempel seperti bendera dengan menggunakan tusuk gigi serta menulis pesan cinta dan sayang buat anak-anak.

Nah, inilah hasil kreasi bento aku dan @uniiyanisd:


Gimana? Lumayan kan buat first timer

Selamat mencoba di rumah ya!

19 comments:

Monica Anggen said...

Hasil kreasi bentonya cakep banget. Jadi inget dulu waktu Audi kecil, dia paling suka kalo kotak bekalnya dihiasi2 lucu dan bentuk bento gitu. Pasti selalu habis.

Avy Chujnijah said...

kreatif banget ya, pasti si kecil jg akan suka

Sam Leinad said...

Kalo menu makannya lucu & unik gini, malah ngga tega dimakannya hahaa..

http://samleinad.com

Kang Didno said...

jadi pengen nyobain bikin bento di rumah... thanks ya infonya...fotonya kalau lebih besar pasti lebih keren...

Helenamantra said...

padahal aku mau bilang "aku gak kreatif" eh ternyata gak boleh ya, hahaha. Tinggal sontek ide bento di internet.

Gita siwi said...

Penampilan itu ngugah selera makan ya, saya termasuk ya suka nih siap-siapin bekal gini pas anak kecil

Andiyani Achmad said...

selain harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan menu bekal harian buat anak, presentasinya juga harus yang gemas manja dan lucu

nursaidr said...

pasti anak bakal seneng untuk bawa bekal sendiri dari rumah kalo bekal makannya sekreatif gini. gak bosenin dilihat, dan malah makin pede bawa bekal ke sekolah. karena bentuknya lucu2. kesukaan anak2 banget ini.

Sapa Dunia said...

Bekal kaya gini, bikin si kecil makin doyan makan ya

fenni bungsu said...

Kalau buat bento seperti ini bareng ponakan, udah kebayang yang ada langsung habis banyak haha

Siti Nurjanah said...

Ko lucu banget gitu mba hasilnya, saya pernah buat juga iseng-iseng tp hasilnya kurang memuaskan. Jauh bentuk dari contekan yg ada :/

Kania Safitri said...

Wah harus gemas dan kreatif ya buat bekal anak, tp itu dia aku ga sabaran hehehe... Thanks mbak infonya

Myra Anastasia said...

Waktu anak-anak saya masih SD, bekal mereka dibento begini. Seneng banget kalau pulang sekolah mereka cerita bekalnya disukai juga sama teman-temannya. :D

Marga Apsari said...

Awwww hasil bentonya gemes banget! Moga nanti kalo udah punya anak, aku juga bisa jadi ibu yang kreatif bikin bento :D

Unknown said...

Ya ampunnnn bentonya cakep amaaat!
Kalo bikinin begitu tiap hari, mesti anaknya bahagia ya. 😍😍

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Seru banget ini bisa berkreasi dengan hasil bentonya. Bisa jadi inspirasi juga nih buat bekal anak ke sekolah.

Desy Yusnita said...

Seru banget ya bisa belajar bikin bento. Tapi Kaka naeema dulu ga mau bawa lauk lain selain roti isi mesis. Unda pun syenang hehehe

Unggul Sagena said...

wah ini nih tipsnya aku sepakat bangett. Langsung deh tak infoin ke nyonya di rumah nih

Hani said...

gak bisa boong sih, kalo tampilannya menarik dan bersih, jadi semangat buat makannya. apalagi anak-anak ya mbak, tentunya menggugah selera makan mereka.