Sunday 15 December 2019

Montessori di Rumah: 55 Kegiatan Stimulasi Bayi

Ketika aku diberkahi oleh kehamilan langsung sebulan setelah menikah, aku clueless dengan apa yang harus aku lakukan. Morning sickness yang lumayan membuat aku kesulitan untuk menikmati kehamilan di semester pertama. Kemudian, waktu bergulir dan tibalah persalinan yang dinanti. Mendekap bayi mungil untuk pertama kalinya di dalam pelukan terasa begitu membahagiakan. Setelah si sulung lahir, seperti halnya ibu baru lainnya, aku melakukan hal-hal yang standar seperti menyusui, memandikan bayi, menggantikan popok dan meninabobokannya.

Tapi belakangan aku baru tahu kalau bayi baru lahir juga butuh stimulasi selain kasih sayang kedua orang tuanya! 

Dan tahukah kamu bahwa anak cerdas berasal dari orangtua yang cerdas juga? Menurut artikel yang aku baca, kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh dua faktor yang saling berkaitan yaitu faktor keturunan dan faktor lingkungan termasuk di dalamnya stimulasi.

Stimulasi adalah rangsangan yang dilakukan sejak bayi baru lahir (bahkan sebaiknya sejak janin berusia enam bulan) untuk merangsang semua sistem indera (pendengaran, penglihatan, perabaan, pembauan dan pengecapan). Stimulasi hendaknya dilakukan setiap hari karena rangsangan yang dilakukan sejak lahir secara terus menerus dapat memacu kecerdasan anak dalam berbagai aspek.

Nah, yang jadi pertanyaan, “Bagaimana ya caranya memberikan stimulasi yang tepat untuk bayi baru lahir?” 

Elvina Lim Kusumo menjawab kegelisahan para ibu melalui buku keempatnya yang berjudul “55 Kegiatan Stimulasi Bayi”

Elvina Lim Kusumo yang akrab dipanggil Vina atau Mom C di IndonesiaMontessori.com (IMC), sebuah situs yang berisi berbagai aktivitas, metode, dan filosofi yang terinspirasi dari pendidikan ala Montessori yang sudah dipelajarinya. Elvina sendiri meraih gelar sarjana pendidikan dari North American Montessori untuk bidang Montessori Early childhood Education and Teaching.

Peran ibu amatlah penting di dalam tumbuh kembang anak dan inilah prinsip dasar IMC yang didirikan Elvina. Pengalaman dan pendidikan Montessori yang didapatnya mengukuhkan tekad Elvina untuk memberikan informasi melalui buku  “55 Kegiatan Stimulasi Bayi”.

Di dalam buku  “55 Kegiatan Stimulasi Bayi”, Elvina menuliskan lima puluh lima ide kegiatan yang bisa dilakukan oleh si kecil di rumah bersama dengan orang tuanya. Selain berbagai ide-ide kegiatan, buku ini juga menjelaskan perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Orang tua juga bisa mendapatkan ide-ide mainan yang tepat digunakan oleh bayi sesuai dengan perkembangannya melalui pendekatan metode Montessori.

Orang tua juga dapat menggunakan berbagai macam printables yang tersedia di dalam buku ini dalam melakukan aktivitasnya bersama anak. Bahkan buat bumil sekali pun, kalian sudah bisa mulai membaca buku “55 Kegiatan Stimulasi Bayi” karena ada contoh persiapan kamar bayi dengan pendekatan Montessori! Menarik bukan?!

Sabtu, 7 Desember 2019 bertempat di Buumi Playscape, Pasific Place, Jakarta, peluncuran buku Montessori di rumah: “55 Kegiatan Stimulasi Bayi” ditandai dengan penandatanganan giant cover buku tersebut oleh Elvina. 

Selain itu, acara peluncuran buku “55 Kegiatan Stimulasi Bayi” yang dihadari oleh para ibu yang sangat peduli pada tumbuh kembang buah hati mereka juga dimeriahkan oleh Kanya dan Zack, story teller dari IMC Little Scientist.

Buku “55 Kegiatan Stimulasi Bayi” dengan penerbit Esensi bisa didapatkan di toko buku terdekat denganmu ya dengan harga Rp175.000…. mampir ke https://bukuerlangga.co.id/ deh, lagi ada diskon jadi Rp140.000! Buruan beli sebelum nyesel kehabisan 😊

Motherhood is a choice you make every day, to put someone else’s happiness and well being ahead of your own, to teach the hard lessons, to do the right thing even when you’re not sure what the right thing is… and to forgive yourself, over and over again, for doing everything wrong.” – Donna Ball.

Informasi selanjutnya, sila menuju
Esensi Erlangga Group
Website: http://esensi.co.id/
FanPage: Esensi E-Magz
Twitter: @esensiemagz
Instagram: @penerbit_esensi

No comments: