Monday, 8 June 2015

Museum for A Railway Fans


Awal mula aku tahu tentang Museum Transportasi karena baca artikel di sini nih :)

Karena kegemaran Darren (saat itu usia 3 tahun) akan kereta api, terutama kereta api uap aku mengajaknya ke Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Ini merupakan pertama kalinya Darren ke museum.

Dan benar saja, sekalinya kesana Darren ketagihan!

Setiap kali ke Museum Transportasi, Darren gak mau pulang!  HAHAHA 

Selain karena koleksi kereta api yang sangat tua dan cukup lengkap, Museum Transportasi ini memang punya sudut-sudut yang bagus banget untuk difoto :)

Saat kami kesana, selalu ada kumpulan orang-orang yang sibuk berfoto entah untuk foto pre wedding, kelompok atau pun katalog fesyen.


Museum Transportasi beroperasi Senin-Minggu (08.00-16.00) dengan harga tiket masuk Rp2.000 per orang. Tiket masuk gerbang TMII Rp10.000 per orang, mobil Rp10.000, motor Rp6.000  dan sepeda Rp1.000. Tergolong affordable bukan? Selain itu juga, tempat ini bisa menjadi sarana anak untuk belajar tentang transportasi :)

Sebenarnya Museum Transportasi ini dibagi menjadi beberapa bagian. Pada bagian pintu gerbang, terdapat pesawat Garuda Indonesia dan helikopter SAR. Ada juga bagian mobil, taksi serta bus yang letaknya harus dijangkau dengan berjalan kaki ke bagian dalam.

Pada bagian belakang juga masih terdapat kereta api, turn table serta terowongan.


Bagi anak-anak yang tidak terlalu menyukai kereta api, ada tempat penyewaan becak mini yang juga dapat dimanfaatkan oleh orangtua.

Apabila Anda ingin mengajak keluarga untuk berkunjung ke Museum Transportasi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:
  • Waktu. Sebaiknya berkunjung pada saat pagi hari atau sore hari karena matahari tidak terlalu terik. 
  • Perlengkapan Anak. Karena museum ini termasuk luas, ada baiknya Anda membawa stroller agar tidak kesulitan untuk menggendong anak bila dia sudah mulai lelah. 
  • Makanan dan Minuman. Bawalah makanan dan minuman yang cukup agar perut tidak kelaparan dan tubuh tidak dehidrasi. Ada gazebo yang dapat dipergunakan untuk duduk menikmati makanan dan minuman yang dibawa tapi ingat ya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan museum karena tersedia banyak tempat sampah sehingga tidak ada alasan untuk meninggalkan sampah makanan di sembarang tempat!
  • Kamera dan baterai. Siapkan kamera Anda untuk merekam keseruan bertamasya di Museum Transportasi
  • Have fun. Lupakan sejenak setrikaan pakaian yang menggunung atau bahkan rumah yang masih berantakan. Bersenang-senanglah sementara waktu karena Anda dan keluarga layak mendapatkannya :)

Selamat bertamasya!

- HoneyJT-

2 comments:

Yeye said...

Waks, jd pengen ajak anak aku ksana :D

honnie josep said...

Hai Yeye, buruan deh ajak anak-anak kesana.... Bisa buat foto-foto dan mainan becak kalau gak suka kereta api :)