Wednesday, 30 November 2016

6 Kebiasaan Untuk Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Siapa sih yang gak senang melihat instagram feed  tentang rumah yang minimalis dan serba putih karena kelihatan bersih?

Beberapa teman di instagram pun memiliki postingan tentang rumah mereka yang instagramable banget! Seneng banget deh ngeliatnya, tapi rasa senang itu lama kelamaan jadi rasa iri! Iri  dalam artian yang positif, aku kepengen juga punya rumah yang bikin betah, bersih dan sehat... perkara instagramable, itu hanya bonus!
Rumah yang aku tempati bareng keluarga sekarang merupakan rumah mertua tapi bukan berarti jadi gak ikutan merawat dong... kan yang merasakan kenyamanan tinggal di pondok mertua indah ya kami sekeluarga juga.

Dikarenakan kondisi rumah sudah tua dan atapnya harus diganti maka beberapa bulan lalu kami merenovasi atap dan mencat ulang rumah.

Setiap hari, aku dan suami selalu membahas perabotan perabotan baru yang akan digunakan, warna cat yang akan diaplikasikan untuk ruangan ruangan yang ada di rumah. Rasanya, menyenangkan sekali!



Berkaca pada kejadian atap jebol, akhirnya kami sekeluarga membuat 6 kebiasaan untuk menjaga rumah tetap bersih dan sehat, yaitu,

Jangan Menunda
Membiasakan diri untuk selalu membersihkan area rumah yang kotor sesegera mungkin ternyata memberikan efek lebih hemat waktu dan tenaga dibandingkan menunda utnuk membersihkannya. Begitu juga halnya dengan memperbaiki bagian rumah yang masih sedikit rusak ternyata lebih hemat secara uang dibandingkan  memperbaiki kerusakan yang sudah parah.

Menjadwalkan Kegiatan
Seringkali kegiatan membersihkan rumah kehilangan fokus sehingga perlu adanya kegiatan yang terjadwal setiap harinya. Berikut ini contoh kegiatan di keluarga kami,


Ajak Keluarga
Untuk anak anak yang sudah masuk SD bisa diajak serta untuk membantu membersihkan rumah. Dengan demikian, anak juga akan memiliki rasa sense of belonging terhadap rumah dan kegiatan membersihkan rumah jadi lebih mudah.



Kelola Tugas
Setelah menjadwalkan kegiatan dan mengajak anggota keluarga lainnya, masing-masing anggota keluarga diberikan tugas yang sesuai dengan kemampuannya. Misalnya hari pertama membersihkan kamar tidur lantai bawah, anak membantu menyapu-papa mengepel-mama mengganti sprei beserta sarung bantal guling.

Menyenangkan
Buat kegiatan membersihkan rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan, bisa juga setelah kegiatan beberes dan membersihkan rumah, semua anggota keluarga dihadiahi makan es krim misalnya.

Peralatan Bersih Yang Berkualitas
Peralatan bersih yang berkualitas adalah kunci agar kegiatan membersihkan rumah menjadi semakin mudah dan menyenangkan. Kalau orang tua pada masa lalu menggunakan peralatan yang terbatas, kini kita semakin dimanjakan oleh kemajuan teknologi dalam membersihkan rumah.

Beberapa waktu lalu, aku mendapatkan informasi dari acara The Urban Mama Luncheon bersama  Electrolux Indonesia yang bertemakan #Over100YearsElectroluxVacuum bahwa bermula dari satu penghisap debu pada tahun 1912, Electrolux Indonesia kini telah menciptakan berbagai penghisap debu dengan kinerja terbaik yang membuat kegiatan membersihkan rumah jadi lebih ringan!

Kira-kira, foto penghisap debu andalan Electrolux Indonesia seperti ini:



Keren-keren deh produk penghisap debu dari Electrolux Indonesia, ada yang pakai kantong debu (bag)tanpa kantong debu (bagless), cordless (stick and handheld), wet and dry.

Aku naksir vacuum cleaner dari Electrolux Indonesia yang bagless dan cordless!

Kenapa? karena bagless vacuum cleaner dengan tipe ZMO1520AG, beratnya hanya 3.5kg, ukurannya yang compact memudahkan untuk disimpan dalam ruangan kecil. 

Sedangkan cordless vacuum cleaner dengan tipe ZB3114AK, memiliki mode pembersih regular dan pembersih super cepat, bisa membersihkan rambut dan bulu yang menyangkut pada rol sikat serta dapat ditinggal dalam posisi berdiri kalau tiba tiba ada telepon penting.

Meluncur yuk ke informasi lanjutan tentang produk vacuum cleaner Electrolux Indonesia dan temukan penghisap debu favoritmu!

4 comments:

Lucky Caesar said...

Thank you buat sharing tipsnyaa mbaak. Susah banget kalau nggak dijadwalin buat bersih" gtu emang mbak, saya jadinya rajin bikin to do list bersih" deh ­čśü Belum punya produk penghisap debu tp, bersih"nya masih manual. . Dijadwalin buat beli buat next year. . Insya allah. .

Muthi Haura said...

Aku kena di sering banget menunda. Harus maksa diri nih biar nggak nunda-nunda kerjaan terus. Btw, thanks for sharing ya mbak ;)

honnie josep said...

Hello mbak Lucky Caesar terima kasih sudah mampir ya :)
Iya banget kalo bebersih rumah harus dijadwalin biar semua bagian rumah terjangkau untuk dibersihkan. Semoga penghisap debu impiannya bisa segera terealisasi ya :)


honnie josep said...

Hello mbak Muthi Haura, terima kasih udah mampir ya...
hihihihihi, ayo kenapa ditunda-tunda.... kebersihan bagian dari iman lho :)