Thursday, 4 February 2016

Asisten Kesehatan Keluarga

Beberapa waktu yang lalu, saat sedang bekerja di kantor, aku dikabari kalau ada sebuah luka yang bernanah di paha Xiao Dre.

Duh, rasanya saat itu juga aku ingin segera kembali ke rumah!

Tapi aku ingat kalau di ponselku tersedia aplikasi #BerbagiSehat yang dapat memantau gejala dan penyakit anak sebelum akhirnya ke dokter spesialis anak atau ke rumah sakit untuk tindakan medis lebih lanjut.


Aplikasi #BerbagiSehat ini seperti jurnal kesehatan bayi dan anak. Ketik keluhan pada kolom Gejala, maka dapat diketahui penyakit yang mirip dengan gejala yang disampaikan. Aku ketik "Benjolan Bernanah" pada gejala, kemudian penyakit yang muncul, akibat vaksinasi.

Langsung saja aku bertanya kepada suami yang kebetulan sedang ada di rumah untuk menanyakan bagaimana keadaan Xiao Dre dan menyampaikan kemungkinan besar benjolan bernanah itu akibat vaksinasi yang memang seharusnya begitu sebagai tanda kalau vaksin bekerja serta tidak perlu ada perlakuan khusus, cukup dibersihkan dengan air hangat saat mandi saja.

Pfuih! Lega rasanya setelah tahu bahwa benjolan bernanah itu memang bekas vaksin berminggu-minggu lalu yang sedang bekerja. Beneran deh kalau #BerbagiSehat ini seperti Asisten Kesehatan Keluarga, jadi tenang, gak mudah panik apabila si kecil sakit dan pastinya jadi lebih Rational Used Medicine (RUM).

Senang deh aplikasi #BerbagiSehat ini bisa diunduh di smartphone, jadi fungsinya ponsel pintar juga maksimal, keluarga sehat dan hati tenang :)

Selamat mencoba!

- @HoneyJT -
[Valid RSS]

2 comments:

Yeye said...

Aplikasi yg membantu eike sangat nih :)

honnie josep said...

Enak ya, gak gampang panik nih secara di sini juga ibu yang panikan :D