Sunday 25 December 2016

Selamat Tinggal Dunia Yang Lama



Kondisi dunia yang kita tinggali saat ini  berbeda dengan jaman ketika aku kanak kanak dulu di mana aku masih bisa merasakan bebasnya bermain di ruang publik tanpa kuatir predator anak mengintai, padahal dengan bermain di luar ruangan, anak sebenarnya sedang belajar dan kita sebagai orangtua perlu menciptakan lingkungan yang aman, sehat, nyaman dan menyenangkan.

Dunia yang sekarang juga memprihatinkan dengan kondisi iklim, cuaca dan suhu yang tidak menentu sehingga kita perlu untuk mengubah gaya hidup. Kita perlu membangun dunia yang lebih baik dan lebih cerah bagi anak cucu.

Sabtu, 17 Desember 2016 bertempat di D.LAB by SMDV Jalan Riau No.1 Menteng, Unilever Indonesia bersama dengan Blibli.com melalui kampanye BrightFuture yang mengusung tema "Selamat Tinggal Dunia Lama" mengajak kita semua untuk melakukan hal nyata untuk membangun masa depan yang cerah bagi generasi mendatang.


Kampanye BrightFuture merupakan salah satu wujud nyata dari  Unilever Sustainable Living Plan (USLP), yang merupakan strategi dalam menumbuhkan bisnis sambil mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari bisnis yang dilakukan Unilever sekaligus meningkatkan manfaat sosial positif untuk masyarakat Indonesia. 

Dengan tema "Selamat Tinggal Dunia Lama" Unilever ingin mengajak masyarakat untuk meninggalkan cara pandang pesimistis mengenai dunia kita saat ini yang penuh dengan masalah dan bersama-sama membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak kita... Dunia tempat anak bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat serta menjalani masa kecilnya dengan gembira.


Udah tau dong kalau Corporate Social Responsibility (CSR) Unilever selalu melakukan kampanye yang bermanfaat seperti pada tahun lalu misalnya, Unilever mengedukasi masyarakat mengenai isu deforestasi.

Tahun ini, misi sosial Unilever menitikberatkan pada dunia anak. Tau ga kalau ternyata banyak balita meninggal karena diare akibat sanitasi dan gaya hidup yang tidak bersih?! Padahal kalau saja kita mau memilih produk terbaik yang digunakan sehari-hari, hal buruk tersebut dapat dicegah.

Pemilihan produk yang digunakan sehari-hari dengan gaya hidup yang kita miliki juga berpengaruh dalam menentukan masa depan dunia kita. Hal ini diperkuat dengan  hasil penelitian terbaru Unilever Global yang menunjukkan bahwa 54% konsumen mau memilih produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki misi sosial.

"Selain manfaat, harga dan kualitas, konsumen menginginkan produk yang membuat mereka merasa ikut terlibat dalam sebuah tujuan mulia. Dengan banyaknya jumlah konsumen yang memiliki kesadaran ini berarti sebetulnya langkah menuju dunia baru yang lebih cerah sudah dimulai saat ini dan dunia yang lama akan segera berubah," tegas Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia.


Lani Rahayu selaku Senior Marketing Communication Manager Blibli.com mengutarakan, "Blibli menyambut baik program Unilever Bright Future yang memberikan kehidupan lebih baik bagi generasi masa depan. Ini sejalan dengan visi dan misi Blibli untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai gaya hidup konsumen. Belanja secara online menjadi solusi bagi mama modern yang tinggal di kota besar karena memudahkan belanja bulanan tanpa ke luar rumah sehingga waktu yang ada dapat digunakan untuk berkumpul bersama keluarga."ujar Lani

Untuk mengajak konsumen berpartisipasi secara langsung, Unilever menggandeng Blibli.com untuk mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 kota besar: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar).

"Bila kita ingin sebuah perubahan, tidak perlu menunggu turun tangan pemerintah, apa yang bisa kita lakukan bersama-sama, mari kita kerjakan. Taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik akan mendukung anak untuk beraktivitas dan mengembangkan diri secara optimal. Mempromosikan dan mendorong perilaku bermain yang menyenangkan adalah hal yang esensial untuk hidup yang membahagiakan dan masa depan lebih cerah." ujar Psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological services.

Kampanye Bright Future bersama Blibli.com berlangsung mulai 2-31 Desember 2016. Selama periode kampanye ini, setiap pembelian produk Unilever tertentu yakni Lifebouy, Pepsodent, Blueband, Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut mendonasikan Rp1.000 untuk program edukasi kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan komunitas di area taman bermain.


Mari bersama kita lakukan tindakan nyata sekecil apapun bila dilajukan bersama sama secara konsisten akan membuat perubahan besar dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Terima kasih The Urban Mama atas undangan "Selamat Tinggal Dunia Lama"

Let's make a change!


No comments: